Senam Pilates – Cara Memperbaiki Postur Tubuh

  • Diposting oleh Unknown
  • di 00.43 -
Untuk mendapatkan tubuh yang ideal, biasanya ditentukan oleh tulang punggung yang baik. Untuk mendapatkan tulang punggung yang baik diperlukan olah raga teratur salah satunya adalah senam. Salah satu senam yang dapat membentuk tulang punggung yang baik diantaranya adalah senam pilates.

Para selebriti Hollywood banyak menyukai senam pilates seperti Madonna, Jennifer Anniston, Uma Thurman dan juga Sharon Stone.

Bagaimana sih senam pilates ? Senam pilates merupakan metode yang dikembangkan oleh Joseph Pilates pada awal tahun 1900-an. Senam pilates ini difokuskan pada kelenturan dan fleksibelitas seluruh tubuh. Sehingga dengan senam ini dapat memperbaiki postur tubuh yang kurang sempurna dan masalah yang berhubungan dengan tulang belakang.

Gerakan senam ini merupakan gabungan antara seni dan olah raga dari dunia barat dan dunia timur. Bila diperhatikan sepintas, senam ini mirip dengan yoga tapi sesungguhnya berbeda. Karena gerakan-gerakan dibantu beberapa alat dan disetiap gerakan disertai dengan teknik pernapasan yang harus dipraktekkan pada setiap gerakan.

Bukan hanya teknik nafas dada dan teknik nafas perut, tetapi nafas diafragma juga digunakan. Giafragma adalah sekat antara dada dan perut. Dengan nafas diafragma dapat memperlancar peredaran darah dan oksigen ke otak.

Gerakan dasar senam pilates yang sejak dulu dikembangkan adalah mengutamakan konsentrasi, pernapasan, pemusatan gerakan, control gerakan, presisi dalam melakukan gerakan, isolasi otot yang dilatih serta rutinitas dalam latihan.

Senam pilates menfokuskan melatih otot perut, punggung, panggul dan bokong. Dari latihan-latihan tersebut bukan hanya otot luar saja yang dilatih, tetapi juga otot dalam yang biasanya jarang dijadikan fokus dalam senam biasa.

Walaupun banyak otot yang dilatih gerakan-gerakan senam pilates terlihat sangat mudah dan ringan. Tapi bagi para pesenam pemula tentu gerakan-gerakan akan terasa berat karena dilakukan berulang-ulang seperti pada gerakan aerobik.

Saat mekakukan pilates, akurasi gerakan yang dipadukan dengan teknik pernapasana akan membuat pesenam menjadi lebih fokus dan reflek yang bagus.

Namun dengan gerakan senam pilates tidak akan menguras keringat dan memacu denyut jantung. Ini harus dilakukan dalam frekuensi sering dengan yang dilatih adalah otot-otot perut, punggung, panggul dan bokong. 

Ads

Ads

Your Ads Here