Penyebab Gagal Diet – Tips Kesehatan

  • Diposting oleh Unknown
  • di 21.41 -
penyebab gagal diet
Penyebab Diet Gagal – Tips Kesehatan. Melakukan diet ketat dengan mengurangi frekuensi makan dan menggunakan obat-obatan penurun berat badan akan sia-sia jika tidak meninggalkan kebiasaan pola hidup dan pola makan yang salah. Selain menyebabkan gagal diet, pola makan dan kebiasaan yang buruk juga  mengganggu kesehatan.
Berikut ini adalah kebiasaan yang menjadi penyebab gagal diet yang sebaiknya dihindari.

Beli makanan cepat saji
Program diet  yang anda lakukan  akan sia-sia jika masih tergiur dengan makanan cepat saji dan makanan instan. Sebaiknya memikirkan kandungan kalori, lemak dan kolesterol saat tergoda untuk membeli makanan cepat saji.
Sebaiknya selalu menyediakan makanan sendiri dan menjauhkan diri dari restoran cepat saji, pusat jajanan dan penjual makanan saat berlibur  maupun saat pulang kantor.

Mengkonsumsi alkohol
Banyak tugas dan tekanan di kantor banyak orang mengkonsumsi alkohol sebagai cara untuk menenangkan diri, relaksasi dan santai. Tapi yang harus diwaspadai adalah dengan mengkonsumsi alkohol dapat menggangu pola tidur, memperlambat kinerja otak dan menyebabkan kecemasan maupun agresi. Dengan pola hidup yang salah seperti mengkonsumsi alkohol tentu ini juga menjadi penyebab gagal diet.
Sebaiknya konsumsi minuman beralkohol diganti dengan minuman sehat seperti kopi, teh, jus buah dengan tambahan madu atau gula rendah kalori  sebagai pendukung program diet,

Tidak mengkonsumsi karbohidrat
Karbohidrat adalah sumber energi untuk beraktifitas sehari-hari, jika tidak mengkonsumsi karbohidrat maka tubuh akan menggunakan protein sebagai cadangan energi.
Agar tubuh tidak menggunakan protein sebagai cadangan energi, maka kebutuhan karbohidrat harus dipenuhi. Nasi merah, gandum, oatmeal dan ubi adalah jenis karbohidrat komplek yang sangat baik untuk membantu menurunkan kegemukan badan dan menjaga tingkat energi.

Mengganti makanan dengan suplemen
Makanan suplemen multivitamin sesungguhnya tidak memiliki kandungan energi dalam bentuk protein, karbohidrat dan lemak. Padahal ketiganya merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi agar tubuh tetap sehat.
Multivitamin hanya asupan tambahan vitamin dan mineral bukan sebagai pengganti makanan. Jadi mengganti makanan dengan multivitamin adalah sebuah langkah yang salah. Saat program diet anda harus tetap memenuhi kebutuhan karbohidrat, protein dan lemak selain vitamin dan mineral.

Gula dalam minuman sehat
Jus buah, teh dan kopi merupakan minuman sehat yang dapat mendukung program diet. Tapi penggunaan gula berlebih yang ditambahkan pada minuman selain dapat mengakibatkan penyakit diabetes juga perpotensi  untuk menjadi penyebab gagal diet.

Jika ingin menambahkan pemanis sebaiknya menggunakan madu atau gula rendah kalori.

Ads

Ads

Your Ads Here