Manfaat Daun Sirsak – Manfaat Daun dan Buah Sirsak Untuk Kesehatan

  • Diposting oleh Unknown
  • di 22.48 -
buah sirsak
Manfaat Daun Sirsak – Manfaat Daun dan Buah Sirsak Untuk Kesehatan - Sirsak atau yang biasa disebut dengan nangka hutan adalah buah yang berasal dari Karibia Amerika Tengah. Sirsak memiliki daging buah dengan rasa yang asam manis dan tentunya menyegarkan. Selain dimakan seperti buah lainnya, sirsak juga dijadikan sebagai obat tradisional. Selain daging buah, biji, akar dan daun juga dapat dijadikan obat.

Kandungan senyawa yang dimiliki buah sirsak sangat banyak dan sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan. Kandungan yang dimiliki oleh buah sirsak antara lain :

Serat
Serat yang terkandung pada daging buah sirsak membantu pencernaan untuk gerakan usus dan mengontrol kolesterol. Selain itu dapat digunakan untuk mengontrol berat badan.

Karbohidrat
Karbohidrat yang dikandung oleh sirsak sesungguhnya sudah dapat memenuhi kebutuhan kalori sebesar 45% bagi diet 2000 kalori. 

Kalium.
Kalium dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu otot-otot, kontraksi tulang, pencernaan dan mengatur tekanan darah.

Vitamin C
Vitamin C dibutuhkan tubuh untuk membantu sistem kekebalan tubuh dan melawan virus dan bakteri. Selain itu vitamin C dapat menjaga kerusakan hati dan mempercepat penyembuhan luka.  Kebutuhan vitamin C untuk laki-laki sekitar 90 mg sedangkan untuk perempuan sekitar 75 mg.

Air
Sekitar 40 persen daging buah sirsak adalah air.

Fosfor dan kalsium
Fosfor dan kalsium digunakan untuk pembentukan masa tulang sehingga dapat menghambat proses osteoporosis.

Manfaat Buah sirsak adalah:

Manfaat buah sirsak untuk diare pada bayi, buah sirsak yang sudah matang diperas untuk diambil  airnya. Minumkan air hasil perasan pada payi sebanyak 3 sendok makan.

Manfaat buah sirsak untuk ambeien, untuk mengobati ambeien cukup mengkonsumsi bauh sirsak secara teratur.

Manfaat buah sirsak untuk anyang-anyang, sirsak yang setengah matang direbus dengan air dan gula. Saring hasil rebusan dan minum secara rutin.

Penyakit liver, Minum jus sirsak selama satu minggu tanpa makan makanan lainnya.

Manfaat daun sirsak adalah :

Manfaat daun sirsak untuk penyakit kanker, rebus daun sirsak yang sudah tua dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Minum 2 kali sehari selama 2 minggu.  Daun sirsak ini dapat dijadikan kemoterapi, yaitu membunuh sel yang abnormal.

Manfaat daun sirsak untuk sakit pinggang, minum rebusan air daun sirsak.

Manfaat daun sirsak untuk sakit Amneien, minum rebusan air daun sirsak sebanyak satu gelas, minum 2  kali sehari.

Manfaat daun sirsak untuk bisulan, daun sirsak yang sudah tua ditumbuk hingga halus. Hasil tumbukan daun sirsak ditempelkan pada kulit yang bisulan.

Manfaat daun sirsak untuk asam urat, daun sirsak yang sudah tua (berwarna hijau gelap) dipotong-potong sampai halus. Maksud dan tujuan pemotongan ini adalah agar kandungan yang ada digetah daun dapat kelar secara maksimal. Setelah itu rebus daun sirsak dengan dua gelas air, biarkan mendidih hingga tersisa satu gelas. Minum ramuan ini dua kali sehari.

jadi sesungguhnya manfaat daun sirsak dan buah sirsak sangat banyak.

Ads

Ads

Your Ads Here