Manfaat Brokoli - Sejuta manfaat yang didapat dari brokoli

  • Diposting oleh Unknown
  • di 09.18 -
Manfaat brokoli :

Melawan sel kanker. Untuk mendapatkan manfaat ini, brokolo harus direbus. Jika cara memasak yang salah, akan mengurangi senyawa sulfarofan yang terkandung didalamnya. Senyawa inilah yang aktif untuk melawan kanker.

Senyawa sulfarofan banyak terdapat pada brokoli dan sayuran berbunga. Dari beberapa perbandingan cara memasak brokoli antara lain dikukus, di-microwive dan direbus. Ternyata cara terbaik adalah dikukus. Merebus brokoli akan menjaga enzim misorsinase yang terkandung didalamnya tetap aktif. Enzim misorsinase adalah enzim yang akan membentuk senyawa sulfarofan. Jika enzim ini rusak, maka  senyawa sulfarofan tidak pernah ada.

Memperlambat perkembangan tumor payudara. Senyawa sulfaraphane dalam brokoli dapat melindungi jaringan payudara dan menurunkan resiko penyakit kanker dan tumor. Selain itu brokoli dapat membentu keseimbangan antioksidan dalam tubuh akibat efek diet, linkungan yang kotor dan karsinogen.

Detoksifikasi. Radikal bebas dan racun dalam tubuh dapat dilunturkan dengan brokoli. Racun-racun dalam tubuh dapat menyebabkan bisul, gatal-gatal, rematik, batu ginjal, ruam, asam urat dan eksim.

Mengatasi sembelit. Brokoli mengandung banyak serat. Serat bermanfaat untuk membantu usus menyerap sari makanan. Serat juga membantu melancarkan buang air besar.

Menjaga kesehatan kulit. Brokoli mengandung vitamin C, beta-karoten dan vitamin B. vitamin-vitamin tersebut dibutuhkan kulit agar tetap sehat dan cerah bercahaya. Vitamin E yang terkandung di brokoli mempercepat regenerasi kulit yang mati.

Menjaga kesehatan jantung. Kandungan omega-3, beta-karoten dan vitamin dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh dan memaksimalkan kinerja jantung.

Menyehatkan mata. Zat aktif dalam brokoli yang bernama zeaxanthin adalah bahan yang bermanfaat untuk kesehatan mata. Zat yang dapat melindungi mata dari radiasi ultraviolet dan mencegah gangguan mata seperti katarak dan degenerasi macula.

Meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin C, beta-karoten, selenium, seng, fosfor dan tembaga adalah vitamin dan mineral yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Menjaga kesehatan tulang. anak-anak dan ibu hamil membutuhkan banyak kalsium. Kekurangan kalsium dapat menyebabkan osteoporosis dan mencegah melemahnya tulang dan gigi.

Menjaga kadar gula. Kromium yang terkandung didalam brokoli membantu mengfungsikan hormone insulin. Hormone inilah yang mengatur kadar gula.

Mencegah anemia. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia. Salah satu sumber zat besi adalah brokoli. Jadi dengan mengkonsumsi brokolo, maka anda akan terhindar dari penyakit anemia.


Ada banyak manfaat brokoli selain manfaat diatas. Karena manfaat brokoli yang sudah disebutkan diatas adalah manfaat yang sudah ditemukan oleh para ahli, sedangkan manfaat lain masih perlu untuk digali lagi. 

Ads

Ads

Your Ads Here