Manfaat kulit manggis – Enak Buahnya Bermanfaat Kulitnya

  • Diposting oleh Unknown
  • di 20.49 -
Buah Manggis
Manfaat kulit manggis – Buah manggis segar buahnya, kaya manfaat kulitnya. Selain buahnya yang segar, kulit buah manggis mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Buah yang ditengarai berasal dari Indonesia tepatnya dari pulau Kalimantan dan menyebar sampai ke Papua Nugini dan Mindanau Filipina.


Kulit manggis mengandung 50 senyawa xanthone. Senyawa ini bersifat antioksidan, antibakteri, antialergi dan antihistamin.

Manfaat kulit manggis antara lain :
  1. Mengobati penyakit disentri, mengobati penyakit ini yaitu dengan minum jus kulit buah manggis secara teratur minimal 2 kali sehari.
  2. Mengobati penyakit diare, untuk mengobati diare, kulit buah manggis direbus dengan 500 ml air. Rebus dengan api kecil hingga air tinggal 200 ml.
  3. Mengobati sariawan, air rebusan kulit buah manggis digunakan untuk kumur.
  4. Anti mikroba, kulit buah mannggis mempunyai daya antimikroba terhadap jamur dan mikroba.Anti kanker, penelitian terbaru, kulit buah manggis diharapkan dapat menjadi obat penyakit berat seperti kanker.
  5. Memperkuat system kekebalan.
  6. Menyembuhkan peradangan.
  7. Mencegah kerusakan DNA.
  8. Mengoptimalkan sistem kelenjar gondok.
  9. Menurunkan berat badan.
  10. Meringankan wasir.
  11. Menurunkan kadar gula darah.
  12. Meringankan alergi kulit.

Saat ini sudah banyak produsen yang mengolah kulit buah manggis menjadi obat yang mudah dikonsumsi, misalkan dalam bentuk pil, kapsul dan bubuk (extrak). Tapi mengkonsumsi kulit buah manggis secara langsung tentunya akan mendapatkan hasil yang lebih baik. Mengingat mengkonsumsi langsung kulit buah ini tentu rasanya tidak enak. Maka langkah tebaik adalah dengan dibuat jus. Kulit buah manggis yang sepat dan pahit akan diminimalisir dengan menambahkan buah-buahan segar.

Cara membuat jus kulit manggis.

Keroklah kulit buah manggis dibagian dalam. Pilihlah kulit buah manggis yang baik dan tidak busuk dan tentunya yang mempunyai kualitas yang bagus.  Saat mengerok hindarilah bagian kulit yang berwarna hitam dan getah kuning karena akan menyebabkan rasa jus menjadi pahit.

Setelah dikerok, rebuslah kulit manggis hasil kerokan beberapa saat. Langkah ini akan mengurangi rasa sepat dan pahit yang ada pada kulit manggis.

Langkah selanjutnya adalah mem-blender kulit buah manggis sampai halus. Bisa ditambahkan buah buahan segar seperti mangga, sirsak atau alpukat. Dengan menambahkan gula rendah kalori atau gula, tentu hasilnya akan terasa lebih manis.

Ada beberapa hal yang harus diketahui.
  1. Tidak disarankan minum jus kulit buah manggis saat perut kosong, sebaiknya diminum setelah makan.
  2. Setelah membuat jus, sebaiknya langsung diminum sampai habis. Karena bila dibiarkan terlalu lama, akan menyebabkan jus berubah warna menjadi hitam. Maka disarankan untuk menyimpan didalam wadah tertutup.
  3. Pada awal minum jus, mungkin akan terasa sedikit mual, tapi bila terbiasa rasa mual akan hilang dengan sendirinya.
Dengan banyaknya manfaat kulit  manggis, tentu akan sayang bila dibuang begitu saja.

Ads

Ads

Your Ads Here