Manfaat Madu Untuk Kecantikan dan Kesehatan

  • Diposting oleh Unknown
  • di 15.52 -
manfaat madu untuk kecantikan dan kesehatan
Manfaat Madu Untuk Kecantikan dan Kesehatan – Sejak zaman dulu madu dipercaya sebagai makanan yang kaya manfaat. Manfaat tersebut untuk menjaga kecantikan dan kesehatan.

Nutrisi yang dikandung oleh madu menjadikan bahan ini sebagai suplemen makanan yang handal terutama bagi yang sedang menjalani program diet.

Manfaat madu untuk kecantikan dan kesehatan, antara lain :

Manfaat madu untuk kecantikan

Salah satu manfaat madu untuk kecantikan adalah melembabkan kulit yang kering, madu dapat menyerap air dari udara dan mempertahankannya dilapisan kulit. Sehingga dapat melembabkan dan menghindarkan kulit dari kekeringan.

Selain dapat menghindarkan dari kulit kering, madu juga dapat mengatasi kulit sensitive, menghaluskan kulit, mengurangi gatal, antibiotik oles dan mengatasi masalah jerawat.

Untuk mendapatkan manfaat madu bagi kulit, disarankan menggunakan madu sebagai masker, caranya ambil dua sendok madu lalu oleskan pada wajah tunggu selama 10 menit, setelah itu basuh wajah dengan air hangat (tanpa menggunakan sabun).

Manfaat madu untuk kesehatan

Madu mengandung enzim yang bermanfaat untuk membantu pencernaan makanan dan menjaga kekebalan tubuh dari serangan virus dan bakteri, madu juga bermanfaat untuk kesehatan tulang dan menyeimbangkan berat badan,

Madu juga mengandung vitamin B, mineral kalsium, magnesium, bioflavonoid, antioksidan dan asam amino. Bahan-bahan diatas dapat berfungsi sebagai anti alergi.

Untuk mencegah alergi dianjurkan minum satu sendok madu pada pagi hari. Namun harus dipastikan bahwa madu yang dikonsumsi adalah madu yang masih mentah (belum melalui proses pengolahan) sehingga kandungan enzim dan antioksidan masih utuh.

Selain mengandung vitamin dan mineral yang telah disebutkan diatas, madu juga mengandung polifenol. Polifenol adalah jenis antioksidan yang dapat melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas yang bisa memicu penyakit kanker dan jantung.

Selain dapat langsung diminum, madu juga dapat ditambahkan pada minuman sehat seperti teh dan jus buah. Madu sebagai pengganti gula bagi yang sedang menjalani program diet.

Manfaat madu untuk pelangsing tubuh

Kandungan karbohidrat yang dimiliki madu dapat dijadikan sebagai sumber energi. Dengan mengkonsumsi madu porsi makan dapat dikurangi tanpa harus kekurangan karbohidrat.

Madu mengandung 83 persen gula dan dapat dijadikan langsung sebagai bahan bakar energi. Untuk mengkonsumsi madu sebaiknya tidak langsung diminum, melainkan diencerkan dengan air sebanyak 250 ml terlebih dahulu untuk menghidarkan dari rasa serik pada tenggorokan.

Saat yang tepat mengkonsumsi madu bagi yang sedang menjalani program diet adalah pada saat sebelum menyantap hidangan dan dapat diminum sebanyak tiga kali sehari.

Selain mengkonsumsi madu bagi yang sedang menjalani program diet,  jangan lupa menambah porsi sayur dan buah-buahan sebagai menu wajib.


Jadi jangan lupa untuk mengkonsumsi madu dan dapatkan manfaat madu untuk kecantikan dan kesehatan.

Ads

Ads

Your Ads Here